Dengan Program Hidup Sehat Ramah Lingkungan Pemerintah Kota Bitung Meraih Penghargaan ADIPURA
Rabu, 23 Juli 2014 05:44


  Sekilas Kota Bitung
  Sejarah Bitung
  Visi & Misi
  Lambang Kota Bitung
  Perekonomian
  Infrastruktur
  Letak Geografis
  Kebijakan Strategis

  Lembaga Eksekutif
  Lembaga Legislatif
  MUSPIDA
  Kecamatan

  Perijinan
  E-Announcement Nasional
  Keputusan Walikota
  Peraturan Daerah


Online : 1
Hari Ini : 1
Kemarin : 0
Total : 241,664
Lama Akses :
Update : 19.12.2008
IP : 50.16.130.188
OS :
Browser :
Web Statistic

100 Tahun Hari Kebangkitan Nasional
World Ocean Conference 2009


Klik untuk Perbesar
WALIKOTA BITUNG
Klik untuk Perbesar
WAKIL WALIKOTA BITUNG
Klik untuk Perbesar
SEKRETARIS KOTA BITUNG

home > tentang bitung > infrastruktur > prasarana dan sarana pendidikan

 Prasarana dan Sarana Pendidikan

Pemerintah Kota Bitung sangat concern akan peningkatan sumberdaya manusia. Hal ini terlihat dari visi dan misi Kota Bitung yakni : “Terwujudnya Bitung Kota Industri, Maritim Dan Bahari, Yang Memiliki Sdm Handal, Mandiri, Dan “Sadar” (Sejahtera, Aman, Demokratis Dan Religius).”
Selanjutnya dijabarkan dalam misi yang merupakan pernyataan tentang tujuan operasional organisasi yang diwujudkan dalam pelayanan. Dengan adanya pernyataan misi organsisasi Pemerintah Kota Bitung dengan bertekad dan berupaya untuk “menyiapkan masyarakat yang berkualitas dan berkemampuan tinggi sehingga mampu bersaing di era globalisasi dengan tetap menjaga kelestarian nilai-nilai etika, moral dan religius. Perbandingan guru dan murid dapat dilihat dalam gambar berikut :

Perbandingan Jumlah Guru-Murid di Kota Bitung Tahun 2005
Didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan sebagai berikut, tahun 2004 jumlah TK 58 buah, SD sebanyak 95 buah, SLTP sebanyak 26 buah dan SLTA sebanyak 20 buah. Selengkapnya rasio murid–sekolah dalam gambar berikut. Bertitik tolak dari upaya perluasan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu, tidak terlepas dari ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan. Tahun 2005 jumlah TK 61 buah, sd sebanyak 96 buah, SLTP sebanyak 29 buah dan SLTA sebanyak 22 buah. Selengkapnya rasio murid-sekolah dalam gambar berikut :

Sumber : Bitung Dalam Angka

Berdasarkan data pada gambar diatas, dapat kita lihat rasio murid-murid sekolah tiap jenjang pendidikan. Grafik diatas menggambarkan secara umum rasio murid-sekolah untuk Kota Bitung. Dapat terlihat jelas bahwa rasio murid-sekolah naik untuk setiap jenjang pendidikan yang makin tinggi, sehingga rasio terendah adalah pada tingkat taman kanak-kanak, dan tertinggi adalah SLTA. Biasanya memang demikian, makin tinggi pendidikan, rasio makin besar. Hal ini lumrah karena fasilitas sekolah semakin tinggi tingkat sekolah makin sedikit jumlahnya.

Partisipasi sekolah merupakan masalah yang paling signifikan yang patut dikedepankan dalam analisis pendidikan. Dengan melihat angka partisipasi sekolah di Kota Bitung, secara langsung kita akan dapat melihat sejauh mana keberhasilan pembangunan pendidikan di kota serba dimensi ini. Angka partisipasi Kasar (APK) merupakan angka yang mengukur proporsi anak sekolah pada suatu jenjang pendidikan tertentu dalam kelompok umur yang sesuai jenjang pendidikan tersebut.

Banyaknya Sekolah, Guru dan Murid Menurut Jenjang PendidikanTahun 2003-2005

Sumber : Dinas P & K Kota Bitung

Prasarana dan Sarana Kesehatan | Prasarana Jalan dan Perhubungan | Prasarana dan Sarana Pendidikan | Prasarana Ibadah | Prasaranan Pos dan Telekomunikasi



Bitung, Indonesia Forecast


  Layanan Terpadu Satu Atap
  Download File


  Statistik Kota Bitung
  Bank
  Biro Perjalanan
  Hotel dan Penginapan
  Objek Wisata
  Pengumuman Lelang


  Instansi Pemerintah
  Media & Portal
  Dive & Resort
  Mitra Kerja PEMKOT Bitung


Apa pendapat Anda tentang website ini?
  • Sangat Bagus
  • Cukup Bagus
  • Kurang Bagus
  • Tidak Bagus
  • Lain-lain


Hasil Jajak Pendapat









Beranda | Tentang Bitung | Pemerintahaan | Peraturan | Info Publik | Links Website | Webmail Pemkot | Top